Senin, 28 November 2016

Tips Meninggikan Badan Secara Alami dan Cepat

| Senin, 28 November 2016
Anda butuh tips dan cara untuk meninggikan badan secara alami dan cepat ?  Jangan khawatir, buat sobat semua yang butuh tips cara alami dan cepat meninggikan badan, Anda sudah tepat di blog ini karena artikel ini ada untuk Anda yang ingin meninggikan badan. Sudah siap ? Silahkan teruskan bacanya.

Banyak orang yang berperawakan pendek cenderung kecewa dengan ketinggian mereka karena perawakan tinggi merupakan sifat yang banyak diinginkan dengan berbagai alasan. Bahkan jika Anda tidak memiliki alasan tertentu untuk meningkatkan tinggi badan, maka dengan punya perawakan tinggi akan memberikan banyak keuntungan. Perawakan tinggi dapat meningkatkan rasa percaya diri, tidak harus memakai sepatu hak tinggi, atau Anda menjadi lebih mudah untuk mengambil sesuatu di rak paling atas tanpa harus menggunakan bangku.

Jadi, apa yang dapat Anda lakukan untuk meninggikan badan namun gen Anda berketetapan menjadi orang berperawakan pendek? Nah, hanya sebagian kecil orang pendek dapat tumbuh menjadi lebih tinggi. Studi juga menunjukkan bahwa kebanyakan orang akan berhenti pertumbuhan ketinggiannya pada pertengahan usia dua puluhan. Jadi, jika umur Anda belum mencapai batas tersebut, maka peluang untuk tinggi belum tertutup. Ini berarti bahwa Anda dapat menambahkan ketinggian beberapa inci saat ini dan seberapa tinggi yang bisa didapat tergantung pada berbagai faktor yang akan dijelaskan di bawah ini.


Faktor-faktor yang mempengaruhi ketinggian

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tinggi badan Anda. Umumnya, faktor-faktor ini dapat dikategorikan menjadi :

Faktor genetik
Umumnya tinggi badan Anda ditentukan oleh faktor genetik. Namun, jika kedua orang tua Anda berpostur pendek atau tinggi rata-rata, maka itu tidak berarti bahwa Anda akan mengalami nasib yang sama. Tinggi adalah sifat poligenik, yang berarti bahwa itu dipengaruhi oleh berbagai gen. Jika ada orang tinggi di keluarga Anda, kemungkinan bahwa gen tinggi bisa diwariskan kepada Anda.

Tidak ada cara akurat dalam menghitung sampai berapa ketinggian yang bisa dicapai hingga mencapai usia dewasa. Tapi Anda bisa menggunakan rumus sederhana untuk memperkirakan potensi tinggi badan Anda:

Prediksi tinggi (dalam inci) = (jumlah kedua tinggi orang tua Anda + 5 (jika Anda seorang laki-laki) atau -5 (jika Anda seorang gadis)) / 2

Potensi tinggi badan Anda adalah prediksi tinggi plus atau minus 4 inci. Perlu diingat bahwa nilai ini hanya perkiraan kasar.

Faktor non-genetik
Faktor non-genetik juga berdampak pada potensi pertumbuhan ketinggian Anda. Sebagian besar faktor-faktor ini ditentukan oleh lingkungan individu di saat tumbuh dewasa. Tinggi tubuh selalu dikaitkan dengan pertumbuhan badan. Jadi, faktor yang menghambat pertumbuhan juga akan memiliki efek yang sama pada tinggi badan Anda.

Beberapa faktor non-genetik yang akan mempengaruhi tinggi badan Anda meliputi:
  • Paparan asap tembakau selama fase perkembangan janin
  • Penyakit selama masa kanak-kanak atau pubertas
  • Kualitas pada masa pengasuhan
  • Berat badan lahir yang rendah
Sementara itu banyak pula faktor yang menentukan tinggi badan yang berada di luar kendali Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencapai ketinggian yang diharapkan. Berikut adalah cara untuk meningkatkan ketinggian badan secara alami.


Tips meningkatkan ketinggian badan

Waktu tidur yang memadai
Tidur nyenyak adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi pertumbuhan badan. Penelitian menunjukkan bahwa remaja membutuhkan minimal 8 jam tidur setiap malam, dan 11 jam menjadi jauh lebih efektif untuk meningkatkan pertumbuhan badan yang sehat.

Tidur yang cukup sangat penting karena tubuh akan tumbuh dan meregenerasi jaringan selama istirahat. Otak kita melepaskan Hormon Pertumbuhan Manusia (HGH) ketika kita berada di saat gelombang lambat dan sedang tidur nyenyak. Jadi, jika Anda tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk tidur, maka akan mengakibatkan jumlah HGH menjadi rendah sehingga menghambat pertumbuhan ketinggian maksimum.


Tips Meninggikan Badan Secara Alami dan Cepat


Untungnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan tidur yang cukup. Sebagai permulaan, pastikan untuk mengatur waktu tidur sehingga Anda memiliki cukup waktu untuk tidur. Kedua, menciptakan lingkungan tidur yang kondusif untuk memastikan bahwa Anda bisa mendapatkan tidur yang efisien. Hilangkan faktor-faktor yang dapat mengganggu tidur seperti lampu yang terang dan suara. Juga, hindari minum minuman berkafein sebelum tidur karena akan mencuri waktu tidur yang berharga.

Daripada minum kopi, lebih baik memilih teh chamomile sebelum tidur karena memiliki kemampuan untuk menginduksi tidur. Selain itu, mandi air hangat sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur.


Konsumsi makanan yang sehat
Makanan sehat sangat penting untuk mendukung pertumbuhan tinggi badan yang tepat, karena itu pastikan untuk selalu mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh dan berkembang sepenuhnya. Kunci untuk mengkonsumsi makanan sehat adalah diet seimbang dan menghindari junk food. Dalam rangka untuk meningkatkan ketinggian, berlatihlah melakukan kebiasaan makan makanan yang sehat berikut ini :

Makanan yang mengandung Vitamin D
Vitamin D merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan tulang yang sehat, terutama pada anak-anak. Anda bisa mendapatkan vitamin D dari ikan, susu, telur, daging sapi dan tahu atau dengan mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup.

Makanan dengan kalsium yang cukup
Asupan kalsium juga sangat penting karena tulang membutuhkan nutrisi ini untuk tumbuh dan berkembang. Sumber yang kaya akan kalsium sebagian besar terdapat dalam keju, kedelai, sarden, sayuran hijau, produk susu dan sereal.

Makanan yang mengandung zinc (seng)
Tingkatkan asupan zinc Anda dengan makanan seperti kacang polong, asparagus, telur, cokelat dan tiram untuk lebih meningkatkan pertumbuhan badan yang sehat. Zinc sangat penting pada anak-anak karena kekurangan zinc akan menyebabkan pertumbuhan terhambat.

Makanan dengan nutrisi penting lainnya
Nutrisi lain selain yang disebutkan di atas tidak boleh diabaikan karena juga berkontribusi terhadap pertumbuhan yang tepat. Anda memerlukan karbohidrat untuk energi sel dan protein untuk membangun tubuh. Jika ternyata Anda kekurangan nutrisi dalam makanan, maka Anda dapat menjembatani kesenjangan gizi dengan mengkonsumsi suplemen.

Buat jadwal makan
Anda harus tiga kali makan dalam sehari secara seimbang. Mengkonsumsi makanan ringan yang sehat di antara waktu makan juga akan menjaga metabolisme sehingga meningkatkan pertumbuhan badan.


Olahraga secara teratur
Olahraga secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan ketinggian. Anak-anak dan remaja harus selalu didorong untuk aktif secara fisik karena hal ini mendorong pertumbuhan badan. Bahkan jika Anda melewati usia 18 tahun pun, Anda masih dapat menambahkanketinggian beberapa inci sebelum mencapai batas pertengahan usia dua puluhan tahunan.

Bagaimana aktivitas fisik bisa mempengaruhi pertumbuhan ?  Jika tubuh aktif secara fisik, maka akan menuntut lebih banyak nutrisi. Akibatnya, Anda butuh peningkatan asupan gizi. Terlebih lagi, olahraga secara teratur akan membantu dalam merangsang hormon pertumbuhan.

Ketika dikombinasikan dengan diet sehat dan tidur yang cukup, maka olahraga secara teratur akan membantu Anda tumbuh menjadi lebih tinggi. Beberapa jenis latihan terbaik dan olahraga yang dapat meningkatkan tinggi badan meliputi:

Renang
Salah satu olahraga yang terbaik untuk seluruh tubuh. Berenang adalah olahraga yang dapat berkontribusi pada ketinggian badan. Berenang cenderung akan memanjangkan otot Anda dan jika Anda memulainya pada usia dini, maka akan membantu mencapai ketinggian yang memadai. Anda harus berenang minimal 2 jam sehari selama 4 sampai 5 hari seminggu untuk menuai keuntungan tersebut.

Latihan menggantung
Bukan gantung diri tapi menggantung pada tiang horisontal dengan tangan secara rutin akan cukup efektif dan dapat memicu peningkatan ketinggian badan. Untuk menggantung dengan benar, Anda hanya diam di posisi yang sama selama sekitar 10 detik dan ulangi ini sampai beberapa kali.

Untuk peregangan, kaki harus sejajar dengan lantai dan diam pada posisi tersebut selama beberapa detik. Anda perlu melakukan rutinitas ini beberapa kali dalam seminggu jika Anda ingin mendapatkan efek positif.

Latihan menyentuh kaki
Menyentuh kaki adalah salah satu bentuk latihan peregangan yang dapat dilakukan untuk meninggikan kerangka badan. Ketika Anda membungkuk untuk menyentuh jari-jari kaki, maka akan memanjangkan tulang belakang.  Cara ini bisa dilakukan ketika berdiri atau duduk dan merupakan cara yang baik untuk pemanasan sebelum melakukan olahraga utama.

Latihan peregangan yang super
Seperti halnya menyentuh kaki, peregangan yang ini mungkin dapat membantu Anda tumbuh lebih tinggi. Untuk melakukan latihan sederhana ini, cukup berdiri tegak dan meregangkan tangan Anda di atas kepala sejauh yang Anda bisa.

Bersandar sedikit akan meningkatkan peregangan dan Anda harus bisa merasakan tulang punggung bagian bawah mengalami peregangan. Menggabungkan cara ini dengan peregangan menyentuh kaki akan membantu seluruh tubuh mengalami peregangan. Idealnya, tahan pengulangan selama sekitar 4 sampai 7 detik kemudian bergantian antara bentangan yang super dan latihan menyentuh kaki   beberapa kali.

Lompat tali
Lompat tali bukan hanya permainan yang menyenangkan untuk anak-anak, tetapi juga latihan yang baik untuk mendapatkan tinggi badan. Ketika lompat tali, tubuh Anda harus tetap tegak sehingga terjadi peregangan punggung dan tulang belakang.  Kelenturan pada lutut menyebabkan betis agak melebar secara vertikal. Gerakan-gerakan fisik akan menambah massa tulang pada kaki bagian bawah, yang membantu meninggikan badan beberapa inci.

Sebetulnya masih banyak, cuman karena Saya lelah mengetiknya, maka cukup itu saja yang bisa Saya sampaikan. Kalau mau baca keseluruhannya, silahkan dibaca di blog Saya berjudul Beyod Disease

Related Posts