Medina Susani Daivina Zein menjadi salah satu hijabers muda yang sukses membangun bisnis kecantikan. Bagaimana tidak, ia berhasil meraup omzet miliaran rupiah setiap bulan di usia 24 tahun. Untuk meraih semua impiannya yakni membangun klinik kecantikan dan membesarkan usahanya seperti sekarang tentu tidak dijalani dengan mudah, perlu beberapa strategi dalam mengembangkannya.
Medina pun berbagi resep sukses membangun bisnis kecantikannya. Apa saja?
Fokus
Kunci utama untuk bisa mewujudkan impian adalah berkomitmen dan fokus. Mungkin saja awalnya kan hobi, namun terus fokus untuk melakukan pekerjaan aku. Jangan sampai ada sesuatu yang buat kita mundur. Harus jalan terus apa pun yang terjadi, nggak patah semangat untuk terus dapatkan apa yang kita mau.
Kualitas bagus
Dalam membangun bisnis kecantikannya, kita harus selalu berusaha mengedepankan kualitas. Baginya kualitas produk perawatan kulit miliknya yang diberi nama 'Lazeta' adalah nomor satu. Produk kecantikan itu penting kualitasnya dipertahankan jangan sampai karena bahan baku naik kita turun kualitasnya. Punya klinik juga tempatnya harus nyaman, bersih, membuat orang rileks, karena kita bergerak di bidang jasa jadi servisnya harus bagus.
Berinovasi
Inovasi juga menjadi bagian dari strategi bisnis yang dijalani. Suatu usaha tanpa inovasi akan jatuh dengan cepat karena tidak bisa mengikuti perkembangan zaman, tren, dan teknologi. Oleh sebab itu, ia menekankan perlu adanya inovasi sesuai dengan bidang usahanya.
Kreatif itu penting karena sekarang banyak banget usaha yang cuma bisa ngejiplak orang tanpa memikirkan inovasi dari usahanya sendiri. Kayak sekarang bisnis kecantikan banyak banget. Kalau kita terlena dengan stuck, nggak mengembangkan produk, nggak berinovasi seperti tambah alat, mengembangkan treatment lainnya, maka nggak akan bisa cepat naik kalau nggak ada inovasinya.
Terus upgrade ilmu
Untuk menciptakan inovasi yang berbeda, Medina menyarankan agar terus belajar dan menambah ilmu. Belajar tidak berhenti ketika kita sukses justru pembelajaran harus semakin meningkat saat sedang naik daun agar bisa menciptakan inovasi-inovasi baru lainnya.
Medina pun berusaha untuk terus meningkatkan ilmunya dalam kecantikan. Tidak hanya dirinya tapi juga tim yang dimilikinya sekarang. Ia tak ragu untuk menyekolahkan dokter yang bekerja di kliniknya agar terus bisa menciptakan inovasi baru.
Kalau sekolah kulit itu kita dapat upgrade-an ilmu, misalnya sekarang yang lagi bagus kandungannya kolagen, apa manfaatnya, lebih cari ilmu-ilmu baru.
Diskusi dengan tim
Jangan merasa 'bos' lalu gengsi untuk meminta saran dengan bawahannya. Ia selalu berdiskusi tentang apa pun mengenai peningkatan produknya dengan timnya termasuk dokter hingga karyawan pabriknya. Dengan mendengarkan berbagai masukkan dari karyawan bisa membantu sekaligus memudahkan Medina mengembangkan bisnisnya.
Kuatkan brand image
Brand image itu penting banget buat ak. Kalau brand-nya sudah bagus orang semakin percaya dan yakin karena sulit sekali membangun branding.
Untuk menguatkan brand image, Medina tak ragu mengeluarkan budget ratusan juta hingga miliaran rupiah. Dalam promosi produk ia lebih memilih untuk menggunakan buzzer seperti selebgram atau aktris.
Sumber : http://wolipop.detik.com/
Medina pun berbagi resep sukses membangun bisnis kecantikannya. Apa saja?
Fokus
Kunci utama untuk bisa mewujudkan impian adalah berkomitmen dan fokus. Mungkin saja awalnya kan hobi, namun terus fokus untuk melakukan pekerjaan aku. Jangan sampai ada sesuatu yang buat kita mundur. Harus jalan terus apa pun yang terjadi, nggak patah semangat untuk terus dapatkan apa yang kita mau.
Kualitas bagus
Dalam membangun bisnis kecantikannya, kita harus selalu berusaha mengedepankan kualitas. Baginya kualitas produk perawatan kulit miliknya yang diberi nama 'Lazeta' adalah nomor satu. Produk kecantikan itu penting kualitasnya dipertahankan jangan sampai karena bahan baku naik kita turun kualitasnya. Punya klinik juga tempatnya harus nyaman, bersih, membuat orang rileks, karena kita bergerak di bidang jasa jadi servisnya harus bagus.
Berinovasi
Inovasi juga menjadi bagian dari strategi bisnis yang dijalani. Suatu usaha tanpa inovasi akan jatuh dengan cepat karena tidak bisa mengikuti perkembangan zaman, tren, dan teknologi. Oleh sebab itu, ia menekankan perlu adanya inovasi sesuai dengan bidang usahanya.
Kreatif itu penting karena sekarang banyak banget usaha yang cuma bisa ngejiplak orang tanpa memikirkan inovasi dari usahanya sendiri. Kayak sekarang bisnis kecantikan banyak banget. Kalau kita terlena dengan stuck, nggak mengembangkan produk, nggak berinovasi seperti tambah alat, mengembangkan treatment lainnya, maka nggak akan bisa cepat naik kalau nggak ada inovasinya.
Terus upgrade ilmu
Untuk menciptakan inovasi yang berbeda, Medina menyarankan agar terus belajar dan menambah ilmu. Belajar tidak berhenti ketika kita sukses justru pembelajaran harus semakin meningkat saat sedang naik daun agar bisa menciptakan inovasi-inovasi baru lainnya.
Medina pun berusaha untuk terus meningkatkan ilmunya dalam kecantikan. Tidak hanya dirinya tapi juga tim yang dimilikinya sekarang. Ia tak ragu untuk menyekolahkan dokter yang bekerja di kliniknya agar terus bisa menciptakan inovasi baru.
Kalau sekolah kulit itu kita dapat upgrade-an ilmu, misalnya sekarang yang lagi bagus kandungannya kolagen, apa manfaatnya, lebih cari ilmu-ilmu baru.
Diskusi dengan tim
Jangan merasa 'bos' lalu gengsi untuk meminta saran dengan bawahannya. Ia selalu berdiskusi tentang apa pun mengenai peningkatan produknya dengan timnya termasuk dokter hingga karyawan pabriknya. Dengan mendengarkan berbagai masukkan dari karyawan bisa membantu sekaligus memudahkan Medina mengembangkan bisnisnya.
Kuatkan brand image
Brand image itu penting banget buat ak. Kalau brand-nya sudah bagus orang semakin percaya dan yakin karena sulit sekali membangun branding.
Untuk menguatkan brand image, Medina tak ragu mengeluarkan budget ratusan juta hingga miliaran rupiah. Dalam promosi produk ia lebih memilih untuk menggunakan buzzer seperti selebgram atau aktris.
Sumber : http://wolipop.detik.com/